SELAMAT DATANG DI WWW.KENKENKABAREDENNY.BLOGSPOT.COM. !SALAM PELAJAR!

Kamis, 31 Maret 2011

CAGAR BUDAYA SUMBAWA PERLU DILESTARIKAN


Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporabudpar) Kabupaten Sumbawa, Drs H Naziruddin MSi, mengungkapkan cagar budaya yang merupakan warisan budaya bersifat kebendaan sperti bangunan, struktur sampai situs perlu dilestarikan keberadaannya.

Hal ini menurutnya, perlu dilakukan karena cagar budaya ini memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan dan kebudayaan.

Khusus di Kabupaten Sumbawa tandas Nazirrudin, cukup banyak terdapat cagar budaya baik yang sudah diinventarisir maupun belum, dan bila ditinjau dari aspek sejarah memberikan pelajaran bahwa sesungguhnya peradaban Sumbawa telah dimulai dari masa yang sangat panjang. "Ini dibuktikan dengan adanya Sarkofagus sampai kuburan batu," tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk dapat memahami sejarah masa lalu dan sebagai bahan melangkah ke masa depan diperlukan pemahaman serta kearifan dan kepedulian yang tinggi untuk menghargai, menjaga termasuk melestarikan peninggalan sejarah tersebut.

Terkait hal itu sambungnya, Pemda Sumbawa telah berbuat cukup banyak untuk memelihara dan melestarikan cagar budaya ini yang merupakan peninggalan sejarah. "Upaya yang sudah kita lakukan dengan mengangkat juru pelihara, melakukan perbaikan dan pemugaran sesuai kemampuan yang ada," tegasnya.


Di Kutip dari Gaung NTB Jum'at, 1 April 2011

0 komentar:

Posting Komentar